12.14.2012

Sharing Pengalaman : Be smart! Waspada Memilih Produk Kecantikan

Sudah saatnya kamu belajar smart dalam memilih produk-produk kecantikan untuk tubuhmu (kulit rambut dan body). Emang ga sayang kalo wajah yang tadinya mulus tanpa masalah, lemudian hancur lebur /gosong, merah, jerawatan, berubah tipis dan sensi hanya karena tergiur iklan dan foto before after wanita cantik??! (padahal editan rental -  ehm, tau banget dwech mana yg asli or palsu krn profesi saya kebetulan designer grafis). Waduhhh jangan sampe dech.... Nyeselnya ga abis-abis ntar. Udah banyak kejadian, kalo bisa belajar dari pengalaman orang akan lebih bagus kan daripada harus 'kena dulu baru kapok'? 

*Keracunan mercury?*
Sekedar share pengalaman nich, kejadian nyata sewaktu ngantri obat racikan anak saya di apotik langganan beberapa minggu yang lalu. Tiba2 seorang ibu-ibu berjilbab (usianya sekitar mendekati 40 th) dengan ekspresi polos dan semi melow menegur saya. Berikut dialog saya dengan beliau :
si ibu : Mbak, mukanya pake apaan, mulus banget ky kulit bayi..
saya : (menoleh, senyum sedikit geer tapi gimanaaa gitu, qiqiqi)
Belum sempat menjawab, si ibu tadi bercerita dg lirih..  
si Ibu : ... nih mbak jangan sampe kayak mukaku.. ini gosong smua kemarin, sekarang sich udah mendingan. disibaknya kain jilbab instantnya untuk memperlihatkan beberapa bekas seperti bentuk tompel /bekas koreng di jidat dan lehernya.
saya : Waduuh kok bisa gitu bu? Tanggap saya terkejut.
si Ibu : Iya mba ini gara2 saya kemaren beli krem sama bidan di kampung saya (dia menyebut merk sebuah krem herbal yg sempat ngetop dan terkenal laris di onlineshop).
Saya : Bidan??
si Ibu : Iya yang jual bidan, katanya ini krem bagus, lantas saya coba, pas dioles terasa panas dan perih, tapi katanya memang kalo kulitnya mau menghalus memang begitu efeknya. Tapi bukannya jadi mulus malah beberapa hari kemudian mulai terlihat flek dan merah kulit terbakar.
Singkat cerita, nyaris sebulan si ibu ga berani keluar rumahnya yang berlokasi pada sebuah desa di pinggiran Prabumulih Sumsel, karena malu dengan wajahnya yang nyaris 80% “gosong”. saya : Loh bu, padahal yg jual kan bidan? Lantas ibu ga minta pertanggungjawaban? cecar saya gemas.
si ibu : Sy sudah tanya mba, tp jawabnya itu mungkin karena saya make ga teratur.
saya : Terus si bidan pake juga ngga?
si ibu : Ngga mba
saya : Kok Ibu bisa percaya??
si ibu : Yaa dia selalu ngerayu sy buat beli. Tapi dia ga make alesannya krn mukanya udah mulus ga bermasalah, jadi ngapain make. Bnyk loh mbak dikampung saya yg kena rayuan ikut make dan hasilnya sama, kayak gini juga. Tp cuman sy yang berobat ke kota. Di kampung saya kena marah suami, sampai sini juga kena marah dokter. Kremnya disuruh cek laboratorium.
saya : Terus? Isinya ngandung mercury ya bu? Kejar sy penasaran.
si Ibu : Walah, bukan lagi mengandung mbak, semuanya isinya mercury!!! ungkapnya dengan luapan emosi. terkesan kesal tapi pasrah

Sesaat saya tertegun... Masyaallah, miris banget ya. Ga habis pikir, seorang bidan yang dg statusnya seharusnya jadi sosok tauladan masyarakat malah tega memperalat keluguan org kampung seperti ibu dihadapanku ini...*menghela nafas panjang*

Terus terang, saya pun berjualan produk2 kecantikan. Namun untuk menjadi pedagang saya sangat menjunjung tinggi etika, menjaga kepercayaan pelanggan dan mengedepankan moral. Untuk menjaga hal yg tidak diinginkan pada pembeli dan pemakai, seluruh dagangan saya coba dulu, istilahnya kalo kenapa-kenapa kan bakal saya duluan yg kena. Nilai plusnya, toh saya jadi dapet product knowledge, pengalaman sbg user (pemakai), dengan modal itu saya bisa jadi tempat konsultasi tanpa harus “ngarang” komen semua produk bagus (ala pedagang jadi2an yg cuma kejar untung). Para reseller saya pun saya beri tips yang sama. Yah, uang, memang itu yg kita cari dari berdagang kan? Ga munafik. Untung banyak itu bagus, tapi kalo keuntungan yg kita dapat dari penderitaan dan makian pelanggan kan gak berkah jadinya...  ya ngga cyiin.. ;)


So, back to the story yah... si ibu saat itu sempat tertegun lama mengingat kejadian yg menimpanya. Trauma? Jelas banget diraut wajahnya. Eeh lohhh, tapi anehnya ini kok masih sempat-sempatnya bertanya no hp sy buat order krem wajah yg saya pakai... walaaahhh, makasih banget bu buat kepercayaannya. Tapi, sembuhin dulu yaaah mukanya, ntar saya kena marah pak dokter loh...
;p

 


No comments: